Followers

Rebutan Tahta Calon RI 2 Pasca Cak Imin dideklarasikan jadi Cawapres Anies

 Menjelang pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden, dunia politik Indonesia semakin hangat. Fakta ini sangat menarik karena banyak tokoh merasa mampu untuk menjadi RI 2, apalagi setelah Muhaimin Iskandar alias Cak Imin berpaling ke lain hati, dari kubu Prabowo ke Koalisi Perubahan, dan akhirnya dideklarasikan oleh Surya Paloh sebagai bakal cawapres dari Anies Baswedan. 

Sepertinya Surya Paloh, Anies dan Cak Imin percaya diri untuk mendulang suara Nahdlatul Ulama atau NU. Karena itulah Deklarasi Anies Imin digelar di Surabaya, Jawa Timur. 

Terlepas dari itu semua, tentu sangat menarik untuk menelisik hasil lembaga-lembaga survei dalam menelisik tentang cawapres ini. 



Menurut survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Agustus 2023, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dianggap paling pantas menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo.

 Dalam survei yang berlangsung 3-9 Agustus 2023 itu, sebanyak 17 persen responden menilai Erick Thohir paling cocok menjadi bakal pendamping Ganjar. Sementara itu, tingkat elektoral Sandiaga Uno untuk mendampingi Ganjar ada di angka 13,6 persen.

 Ridwan Kamil juga masuk dalam daftar calon wakil presiden yang dianggap cocok oleh masyarakat untuk mendampingi Ganjar Pranowo¹. 

Di survei Indikator pada Juli 2023, Ridwan Kamil mendapatkan suara 16,9 persen, diikuti Sandiaga Salahuddin Uno 11,8 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 11,4 persen. 

Kemudian Khofifah Indar Parawansa 5,5 persen, Mahfud MD 4,9 persen, dan Gibran Rakabuming Raka 2,9 persen, dan Jenderal (purn) Andika Perkasa 2,8 persen².

Simulasi Poltracking menunjukkan bahwa Erick Thohir: 17,1%, Sandiaga Uno: 15,5%, Ridwan Kamil: 13,5%, Mahfud Md: 7,8%, Agus Harimurti Yudhoyono: 7,7%, Khofifah Indar Parawansa: 6,8%, Puan Maharani: 3,5%³.

Source: Conversation with Bing, 9/7/2023

(1) Survei LSI: Erick Thohir, Sandiaga, dan Ridwan Kamil Dianggap Paling .... https://nasional.kompas.com/read/2023/08/30/21143291/survei-lsi-erick-thohir-sandiaga-dan-ridwan-kamil-dianggap-paling-cocok-jadi.

(2) Survei Indikator: Eletabilitas Erick Thohir, Ridwan Kamil, Sandiaga .... https://nasional.kompas.com/read/2023/07/23/23274161/survei-indikator-eletabilitas-erick-thohir-ridwan-kamil-sandiaga-dan-ahy.

(3) Top 3 Cawapres Poltracking: Erick Thohir, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil. https://news.detik.com/berita/d-6694687/top-3-cawapres-poltracking-erick-thohir-sandiaga-uno-ridwan-kamil.


Comments

Total Pageviews

Trending Topic

125 Orang Tewas: Ricuh Pasca Laga Arema FC VS Persebaya

Testimoni Istri Pendiri Partai Demokrat Sebelum Kubu Moeldoko Konpres di Hambalang

Pernikahan Kaesang & Erina | Apa Dampaknya Untuk Indonesia?

KPK Panggil Anies Baswedan

Capres 2024 Sudah "Nyata" Ada atau Masih Misteri?

Progress of Jakarta MRT project

Nasib Jakarta Pasca Anies Baswedan Ditentukan PLT atau Gubernur Baru Hasil Pilkada 2024?

Special massage services at a barbershop in Jakarta

Discover Reog Ponorogo an attractive dance in Indonesia

Habib Kribo Bersuara Lantang Soal Pilpres & Capres 2024

Real Information