Followers

Ganjar Pranowo dan kasus e-KTP, apakah akan mencuat pada Pilpres 2024?

 Apakah kasus korupsi e-KTP akan mencuat dan dijadikan bahan kampanye untuk mengalahkan Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024? 

Yang menarik dari kasus e-KTP tersebut adalah ada pernyataan Novel Baswedan tentang bagaimana hubungan Ganjar Pranowo dalam kasus yang terjadi pada pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. 

Menurut mantan penyidik KPK Novel Baswedan, tidak ada bukti yang cukup untuk menunjukkan keterlibatan Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, dalam kasus korupsi e-KTP. 

Novel Baswedan mengatakan hal itu dalam podcast di kanal YouTube-nya¹ dan juga dalam beberapa wawancara dengan media lain³⁴. 

Novel Baswedan mengaku sebagai salah satu penyidik yang menangani kasus tersebut dan mengetahui standar pembuktian yang harus dipenuhi¹. Ia juga membantah bahwa Ganjar termasuk orang yang mengembalikan uang dalam kasus tersebut¹.

Pernyataan Novel Baswedan sejalan dengan Ketua KPK Firli Bahuri yang juga menyatakan bahwa sampai saat ini belum ada bukti keterlibatan Ganjar dalam kasus e-KTP². 

Firli Bahuri menegaskan bahwa KPK bekerja sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan tidak boleh menetapkan seseorang sebagai tersangka tanpa ada bukti². 


Dia juga mengatakan bahwa menyebut seseorang tanpa bukti adalah keliru dan bertentangan dengan kepastian hukum dan keadilan².

Kasus korupsi e-KTP adalah salah satu kasus besar yang ditangani oleh KPK. Kasus ini merugikan negara sekitar Rp 2,3 triliun dari anggaran Rp 5,9 triliun untuk pengadaan KTP elektronik pada tahun 2011-2012³. 

Beberapa politisi dan pejabat tinggi telah divonis bersalah dalam kasus ini, termasuk mantan Ketua DPR Setya Novanto dan mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. 


Source: Conversation with Bing, 7/21/2023

(1) Novel Baswedan: Tidak Ada Bukti Ganjar Terlibat Kasus e-KTP - detikNews. https://news.detik.com/berita/d-6357467/novel-baswedan-tidak-ada-bukti-ganjar-terlibat-kasus-e-ktp.

(2) Novel Baswedan Sebut Belum Ada Bukti Ganjar Pranowo Terlibat Kasus .... https://www.tribunnews.com/nasional/2022/10/19/novel-baswedan-sebut-belum-ada-bukti-ganjar-pranowo-terlibat-kasus-korupsi-e-ktp.

(3) Novel Baswedan Ungkap Ganjar Tidak Terlibat Kasus E-KTP. https://rm.id/baca-berita/nasional/145009/bukabukaan-di-podcast-pribadi-novel-baswedan-ungkap-ganjar-tidak-terlibat-kasus-ektp.

(4) Novel Baswedan: Fakta-fakta dalam kasus 1.192 hari, penantian 'tanpa .... https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53269896.

Comments

Total Pageviews

Trending Topic

125 Orang Tewas: Ricuh Pasca Laga Arema FC VS Persebaya

Testimoni Istri Pendiri Partai Demokrat Sebelum Kubu Moeldoko Konpres di Hambalang

Pernikahan Kaesang & Erina | Apa Dampaknya Untuk Indonesia?

KPK Panggil Anies Baswedan

Capres 2024 Sudah "Nyata" Ada atau Masih Misteri?

Progress of Jakarta MRT project

Nasib Jakarta Pasca Anies Baswedan Ditentukan PLT atau Gubernur Baru Hasil Pilkada 2024?

Special massage services at a barbershop in Jakarta

Discover Reog Ponorogo an attractive dance in Indonesia

Habib Kribo Bersuara Lantang Soal Pilpres & Capres 2024

Real Information