Followers

Buro Happold Ungkap Fakta Jakarta International Stadium Yang Dibangun di Era Anies Baswedan

 Renovasi Jakarta International Stadium atau JIS telah menimbulkan pro kontra. Meskipun Ketua Umum PSSI telah meminta agar polemik tentang JIS agar diakhiri. 

JIS dibangun pada era Anies Baswedan dan telah timbul pro kontra karena dianggap tidak prioritas. 


Setelah akan direnovasi oleh pemerintah pusat bersama pemprov DKI Jakarta dalam rangka piala Dunia FIFA U17, terungkap bahwa JIS yang dibanggakan oleh Anies Baswedan ini ternyata menggunakan jasa konsultan internasional, yaitu Buro Happold. 

Buro Happold adalah perusahaan konsultan asal Inggris yang pernah terlibat dalam proyek Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok Jakarta Utara. Peran Buro Happold dalam proyek tersebut adalah sebagai berikut¹²:

- Membuat panduan desain (design guidelines) dan memberikan jasa konsultasi untuk JIS pada periode Desember 2018 hingga Maret 2019¹

- Menyediakan desain mangkuk stadion tersertifikasi FIFA yang memungkinkan strategi komersialisasi yang layak secara finansial²

- Mengidentifikasi dan memitigasi risiko lingkungan dan aksesibilitas, sekaligus menerapkan strategi yang inovatif untuk stadion dan masterplan sekitarnya²

- Meninjau konsep desain yang dipersiapkan oleh konsultan lain yang ditunjuk oleh Jakarta Konsultindo (Jakkon)¹

Buro Happold mengklarifikasi bahwa mereka tidak diminta untuk mendesain stadion JIS secara keseluruhan, dan tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apa pun yang dilakukan kemudian¹. 

Buro Happold juga menyatakan bahwa selama masa pembuatan panduan, mereka memastikan desain seluruh aspek sesuai standar FIFA¹.

Namun yang mengejutkan adalah Buro Happold menemukan bahwa beberapa aspek dalam konsep desain yang dibuat oleh konsultan lain tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold. Temuan ini telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah¹.


Source: Conversation with Bing, 7/10/2023

(1) Ini Klarifikasi Buro Happold, Soal JIS Yang Tak Sesuai Standar FIFA. https://rm.id/baca-berita/nasional/179236/ini-klarifikasi-buro-happold-soal-jis-yang-tak-sesuai-standar-fifa.

(2) JIS Sudah Standar FIFA, Kata Buro Happold Perusahaan Ternama Asal Inggris. https://www.pikiran-rakyat.com/bola/pr-016860022/jis-sudah-standar-fifa-kata-buro-happold-perusahaan-ternama-asal-inggris.

(3) Jubir Anies: Buro Happold Bangun JIS sesuai Standar FIFA - Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/sepak-bola/594794/jubir-anies-buro-happold-bangun-jis-sesuai-standar-fifa.

(4) JIS Standar FIFA atau Tidak? PSSI Ditantang Lihat Barnabeu dan Wembley .... https://kaltim.tribunnews.com/2023/07/10/jis-standar-fifa-atau-tidak-pssi-ditantang-lihat-barnabeu-dan-wembley-buro-happold-ikut-terseret.



Comments

Total Pageviews

Trending Topic

125 Orang Tewas: Ricuh Pasca Laga Arema FC VS Persebaya

Testimoni Istri Pendiri Partai Demokrat Sebelum Kubu Moeldoko Konpres di Hambalang

Pernikahan Kaesang & Erina | Apa Dampaknya Untuk Indonesia?

KPK Panggil Anies Baswedan

Capres 2024 Sudah "Nyata" Ada atau Masih Misteri?

Progress of Jakarta MRT project

Nasib Jakarta Pasca Anies Baswedan Ditentukan PLT atau Gubernur Baru Hasil Pilkada 2024?

Special massage services at a barbershop in Jakarta

Discover Reog Ponorogo an attractive dance in Indonesia

Habib Kribo Bersuara Lantang Soal Pilpres & Capres 2024

Real Information