Followers

Anwar Ibrahim, PM Malaysia Tiru Kebijakan Presiden Jokowi. Apakah Capres 2024 ada yang berani?

 Anwar Ibrahim PM Malaysia yang mengikuti langkah Presiden Jokowi dalam tidak mengekspor harta karun Malaysia. 

Pada tanggal 8 Juni 2023, Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bertemu di Putrajaya dan menghasilkan enam kesepakatan, salah satunya terkait perbatasan laut antara kedua negara yang sudah dirundingkan selama 18 tahun 1.


Malaysia akan melarang ekspor bahan mentah logam tanah jarang untuk menghindari eksploitasi dan hilangnya sumber daya 23Keputusan ini diambil ketika dunia berupaya melakukan diversifikasi dari China yang menggunakannya secara luas dalam industri chip semikonduktor, kendaraan listrik, dan peralatan militer 2.

Anwar Ibrahim mengatakan pemerintah akan mendukung pengembangan industri tanah jarang di Malaysia dan larangan tersebut akan menjamin keuntungan maksimal. 

Namun ia tidak mengatakan kapan usulan larangan itu akan mulai berlaku 4Industri logam tanah jarang diperkirakan akan menyumbang sebesar 9,5 miliar ringgit (Rp 30 triliun) terhadap produk domestik bruto negara tersebut pada 2025 dan menciptakan hampir 7.000 lapangan kerja 4.


Sebagaimana telah banyak diberitakan oleh berbagai media nasional maupun berita online, Presiden Joko Widodo mengeluarkan kebijakan larangan ekspor bahan mentah pada tahun 2020 untuk meningkatkan nilai tambah terhadap komoditas andalan Indonesia dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat di Tanah Air ⁵. 

Nikel menjadi komoditas pertama yang dilarang ekspor sebelum diolah ⁵. Presiden Jokowi mengatakan bahwa larangan ekspor tersebut tak menunjukkan Indonesia sebagai negara yang tertutup ⁷. 

Pada tahun 2023, pemerintah akan melarang ekspor bahan mentah bauksit, kemudian tembaga pada tahun mendatang ⁵.

 Presiden Jokowi juga mengklaim bahwa larangan ekspor telah membuahkan hasil, di mana pendapatan ekspor nikel meningkat dari Rp25 triliun menjadi Rp280 triliun usai pemerintah menyetop pengiriman bahan mentah ⁵.

Jika Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Malaysia yang berani mengambil kebijakan untuk melarang ekspor bahan mentah ke luar negeri, apakah para capres yang bakal berlaga pada 2024 akan berani untuk melanjutkan keputusan Presiden Jokowi? 

Apakah Anies Baswedan, Prabowo Subianto atau Ganjar Pranowo yang akan tetap melaksanakan kebijakan Presiden Jokowi tentang larangan ekspor bahan mentah jika nanti menang Pilpres dan menduduki singgasana RI 1 di istana presiden yang baru di IKN Kalimantan Timur? 





Source: Conversation with Bing, 9/12/2023

(1) Jokowi Angkat Bicara soal Alasan RI Stop Ekspor Bahan Mentah. https://kabar24.bisnis.com/read/20220110/15/1487275/jokowi-angkat-bicara-soal-alasan-ri-stop-ekspor-bahan-mentah.

(2) Jokowi Jelaskan Alasan RI Larang Ekspor Nikel Meski Digugat di WTO. https://katadata.co.id/ameidyonasution/berita/619e12e4980f4/jokowi-jelaskan-alasan-ri-larang-ekspor-nikel-meski-digugat-di-wto.

(3) Alasan Jokowi tetap larang ekspor nikel meski digugat di WTO - KONTAN. https://nasional.kontan.co.id/news/alasan-jokowi-tetap-larang-ekspor-nikel-meski-digugat-di-wto.

(4) Alasan Presiden Jokowi Stop Ekspor Nikel : Okezone Economy. https://economy.okezone.com/read/2022/06/08/320/2608105/alasan-presiden-jokowi-stop-ekspor-nikel.

(5) Setelah Nikel, Jokowi Akan Larang Ekspor Bahan Mentah Bauksit - KOMPAS.com. https://nasional.kompas.com/read/2021/12/27/18160931/setelah-nikel-jokowi-akan-larang-ekspor-bahan-mentah-bauksit.

(6) Presiden Jokowi bakal lawan gugatan larangan ekspor bahan mentah RI .... https://www.antaranews.com/berita/2531461/presiden-jokowi-bakal-lawan-gugatan-larangan-ekspor-bahan-mentah-ri.

(7) Jokowi Tegaskan Lagi Larangan Ekspor Bahan Mentah, Minta Jangan Takut .... https://regional.kompas.com/read/2023/02/26/195738278/jokowi-tegaskan-lagi-larangan-ekspor-bahan-mentah-minta-jangan-takut.



Semoga membantu!

Comments

Total Pageviews

Trending Topic

125 Orang Tewas: Ricuh Pasca Laga Arema FC VS Persebaya

Testimoni Istri Pendiri Partai Demokrat Sebelum Kubu Moeldoko Konpres di Hambalang

Pernikahan Kaesang & Erina | Apa Dampaknya Untuk Indonesia?

KPK Panggil Anies Baswedan

Capres 2024 Sudah "Nyata" Ada atau Masih Misteri?

Progress of Jakarta MRT project

Nasib Jakarta Pasca Anies Baswedan Ditentukan PLT atau Gubernur Baru Hasil Pilkada 2024?

Special massage services at a barbershop in Jakarta

Discover Reog Ponorogo an attractive dance in Indonesia

Habib Kribo Bersuara Lantang Soal Pilpres & Capres 2024

Real Information