Followers

Dampak Merokok Pada Pria & Wanita Yang Jarang Diketahui Perokok

 Merokok adalah kebiasaan yang sangat berbahaya bagi kesehatan, baik bagi pria maupun wanita. Berdasarkan hasil pencarian web, berikut adalah beberapa akibat merokok pada pria dan wanita:


- Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru dan jenis kanker lainnya, seperti kanker serviks, kanker tenggorokan, kanker kandung kemih, kanker mulut, dan kanker darah¹². Kanker paru-paru merupakan penyebab kematian pertama akibat merokok.

 Pria perokok mengalami peningkatan risiko kanker paru-paru hingga 25 kali dan wanita meningkat hingga 25,7 kali¹.

- Merokok dapat mengurangi kepadatan tulang** dan meningkatkan risiko rematik (rheumatoid arthritis) pada wanita². 

Merokok juga dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen, yang berperan penting untuk proses pembentukan tulang. Wanita yang merokok bisa mengalami menopause dini dan memiliki tulang yang lebih rapuh².

- Merokok dapat memengaruhi kesuburan pria dan wanita³. Pada pria, merokok menyebabkan jumlah sperma sedikit dan air mani tidak padat. Selain itu, akibat merokok juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi, sehingga menurunkan kesuburan pria³. 

Pada wanita, merokok bisa merusak sel telur dan indung telur, sehingga wanita jadi susah hamil. Wanita yang merokok juga bisa meningkatkan risiko kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan)³.

- Merokok dapat meningkatkan risiko katarak dan depresi pada pria dan wanita². Katarak adalah penyakit di mana lensa mata berkabut. Depresi adalah gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih, putus asa, atau tidak berharga.

 Merokok dapat menghasilkan radikal bebas yang menyerang pertahanan alami tubuh dan mengganggu fungsi saraf².

Rokok juga sangat membahayakan siapa pun yang sedang berada di sekitar seseorang yang sedang merokok. Mereka sering disebut sebagai perokok pasif. 

Itulah beberapa akibat merokok pada pria dan wanita yang perlu Anda ketahui. Merokok tidak ada manfaatnya sama sekali, hanya membawa kerugian bagi diri sendiri dan orang lain. Jika Anda ingin hidup sehat dan bahagia, sebaiknya segera berhenti merokok. 


Source: Conversation with Bing, 8/9/2023

(1) 16 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Baik untuk Perokok Aktif dan Pasif. https://www.sehatq.com/artikel/bahaya-merokok-bagi-kesehatan.

(2) 11 Bahaya Jika Wanita Merokok yang Tidak Boleh Disepelekan - Hello Sehat. https://hellosehat.com/hidup-sehat/berhenti-merokok/bahaya-wanita-merokok/.

(3) Merokok Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita, Begini Faktanya - MSN. https://www.msn.com/id-id/berita/other/merokok-bisa-memengaruhi-kesuburan-pria-dan-wanita-begini-faktanya/ar-AA1e669M.

Comments

Total Pageviews

Trending Topic

125 Orang Tewas: Ricuh Pasca Laga Arema FC VS Persebaya

Testimoni Istri Pendiri Partai Demokrat Sebelum Kubu Moeldoko Konpres di Hambalang

Pernikahan Kaesang & Erina | Apa Dampaknya Untuk Indonesia?

KPK Panggil Anies Baswedan

Capres 2024 Sudah "Nyata" Ada atau Masih Misteri?

Progress of Jakarta MRT project

Nasib Jakarta Pasca Anies Baswedan Ditentukan PLT atau Gubernur Baru Hasil Pilkada 2024?

Special massage services at a barbershop in Jakarta

Discover Reog Ponorogo an attractive dance in Indonesia

Habib Kribo Bersuara Lantang Soal Pilpres & Capres 2024

Real Information