Followers

Dampak Rekam Jejak Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024

 Karir politik Ganjar Pranowo dimulai sejak ia bergabung dengan PDIP pada zaman orde baru. Berikut ini adalah rangkuman karir politiknya berdasarkan hasil pencarian saya:

- Pada tahun 2004, ia terpilih sebagai Anggota Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan¹³.

- Pada tahun 2007-2009, ia menjabat sebagai Ketua Pansus Ruu tentang Partai Politik di DPR RI¹ dan Ketua Pansus tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD di DPR RI¹.

- Pada tahun 2009-2013, ia menjadi Wakil Ketua Komisi II DPR RI Bidang Pemerintahan Dalam Negeri, Otonomi Daerah, Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi, Pemilu, Pertanahan dan Reforma Agraria¹². Ia juga terlibat sebagai Anggota Pansus Angket Bank Century di DPR RI pada tahun 2009-2010¹.

- Pada tahun 2013, ia terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018²⁴. Ia berhasil memenangkan pemilihan kembali pada tahun 2018 dan menjabat hingga sekarang²⁴.


Bahwa ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi peluang Ganjar Pranowo sebagai capres 2024, antara lain:

- Dukungan PDIP: Ganjar Pranowo adalah kader PDIP yang saat ini belum menentukan siapa capres yang akan diusung pada pilpres 2024. Beberapa kandidat yang muncul adalah Puan Maharani dan Ganjar Pranowo. Namun, berdasarkan hasil survei, elektabilitas Puan Maharani sangat rendah dibandingkan dengan Ganjar Pranowo¹². 

Karena PDIP mengusung Ganjar Pranowo, maka peluangnya akan semakin besar karena PDIP adalah partai pemenang pemilu 2019 dengan perolehan suara terbanyak². 

Sudah ada partai lain yang juga siap untuk ikut mengusung Ganjar Pranowo bersama PDI-P, bahkan PAN sempat mengusulkan Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai calon wakil presiden. 

- Elektabilitas: Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas yang tinggi sebagai capres 2024 berdasarkan hasil survei-survei lembaga survei. Ia selalu menempati urutan tiga besar bersama dengan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto¹²⁵. 

Elektabilitas tinggi ini menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo memiliki popularitas dan kepercayaan publik yang cukup besar. Namun, elektabilitas juga bisa berubah-ubah tergantung pada situasi dan kondisi politik yang berkembang⁴.

- Rekam jejak dan kinerja: Ganjar Pranowo memiliki rekam jejak dan kinerja yang baik sebagai anggota DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah²⁵. 

Ia dikenal sebagai politisi yang merakyat, adaptif dengan perkembangan teknologi, dan progresif dalam mengembangkan daerahnya¹²⁵.

 Rekam jejak dan kinerja ini bisa menjadi modal bagi Ganjar Pranowo untuk menarik simpati pemilih dan memperlihatkan kapabilitasnya sebagai pemimpin nasional²⁵.

Dari faktor-faktor di atas, dapat disimpulkan bahwa rekam jejak dan karier politik Ganjar Pranowo akan mempengaruhi peluangnya sebagai capres 2024, namun tidak menjamin kesuksesannya. 

Ganjar Pranowo dan semua tim sukses dan relawan, begitu pula partai pengusung harus rajin mencermati setiap dinamika politik yang terjadi. 

Ganjar masih harus berjuang untuk mendapatkan dukungan partai politik lain, menjaga elektabilitasnya, dan mempromosikan visi-misinya kepada publik. 




Source: Conversation with Bing, 6/8/2023

(1) Peluang Ganjar sebagai Capres 2024 - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/ajisakankri/643cadcd08a8b5128d5198e2/peluang-ganjar-sebagai-capres-2024.

(2) PDIP: Ganjar Pranowo adalah Presiden Rakyat, Capres Tugas Ideologis .... https://www.merdeka.com/politik/pdip-ganjar-pranowo-adalah-presiden-rakyat-capres-tugas-ideologis.html.

(3) Peluang Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024 Tanpa PDIP, Besar Tapi.... https://www.solopos.com/peluang-ganjar-pranowo-maju-pilpres-2024-tanpa-pdip-besar-tapi-1189562.

(4) Ganjar Pranowo Siap Jadi Capres Pemilu 2024, Cermati Profil ... - KONTAN. https://nasional.kontan.co.id/news/ganjar-pranowo-siap-jadi-capres-pemilu-2024-cermati-profil-jejak-karirnya.

(5) Ganjar Batal Jadi Capres, Peluang Prabowo di 2024 Semakin Besar. https://www.inilah.com/ganjar-batal-jadi-capres-peluang-prabowo-di-2024-semakin-besar.

Source: Conversation with Bing, 6/8/2023

(1) Perjalanan Karier Politik Ganjar Pranowo, dari Anggota DPR sampai .... https://nasional.sindonews.com/read/1073523/12/perjalanan-karier-politik-ganjar-pranowo-dari-anggota-dpr-sampai-gubernur-jawa-tengah-1681520694.

(2) Biografi Ganjar Pranowo: Memulai Karier Politik Sebagai DPR RI. https://narasi.tv/read/narasi-daily/biografi-ganjar-pranowo.

(3) Profil Ganjar Pranowo: Pendidikan hingga Karier Politik. https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/27/084937571/profil-ganjar-pranowo-pendidikan-hingga-karier-politik?page=all.

(4) Karier Politik Ganjar Pranowo yang Dideklarasikan PSI Menjadi Capres .... https://www.tribunnews.com/nasional/2022/10/04/karier-politik-ganjar-pranowo-yang-dideklarasikan-psi-menjadi-capres-2024.

Comments

Total Pageviews

Trending Topic

125 Orang Tewas: Ricuh Pasca Laga Arema FC VS Persebaya

Testimoni Istri Pendiri Partai Demokrat Sebelum Kubu Moeldoko Konpres di Hambalang

Pernikahan Kaesang & Erina | Apa Dampaknya Untuk Indonesia?

KPK Panggil Anies Baswedan

Capres 2024 Sudah "Nyata" Ada atau Masih Misteri?

Progress of Jakarta MRT project

Nasib Jakarta Pasca Anies Baswedan Ditentukan PLT atau Gubernur Baru Hasil Pilkada 2024?

Special massage services at a barbershop in Jakarta

Discover Reog Ponorogo an attractive dance in Indonesia

Habib Kribo Bersuara Lantang Soal Pilpres & Capres 2024

Real Information