Followers

Pilih Ganjar, Prabowo atau Anies di Pilpres 2024? Ini Sebuah pertanyaan besar

 Memilih calon istri atau suami, mungkin tidak jauh berbeda dengan memilih calon pemimpin publik, apakah itu walikota, bupati, gubernur, apalagi presiden. Menurut filosofi Jawa, ada istilah bibit, bebet dan bobot. Inilah tiga hal mendasar sebelum menentukan calon menantu, yang penting dipahami sebelum menikah. Menikah adalah perjalanan panjang, bukan sekadar hubungan asmara belaka. 

Apakah bibit, bebet dan bobot itu juga menjadi perhatian para elite partai politik, relawan dan sang calon itu sendiri. Tentu saja mereka yang merasa bisa pun harus mengukur dirinya sendiri sebelum mau mencalonkan diri atau siapa akan dicalonkan oleh sebuah parpol, gabungan atau koalisi parpol. Ibarat mau pakai baju, ya supaya pas lah ukuran dan syarat lainnya. 

Setidaknya sampai saat ini warga Indonesia sudah disodori paling tidak tiga nama bakal capres, yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Mungkinkah akan ada yang lain, atau bakal ada kuda hitam?


Barangkali terjemahan bebas dari bibit, bebet dan bobot itu bisa disebut sebagai track record, rekam jejak para bakal calon, yang penting dicermati, selain memenuhi syarat secara administratif, yaitu sesuai undang-undang dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam sistem pemilihan umum di Indonesia. 

Ada hal menarik yang penting dikaji sebelum menentukan siapa yang akan dipilih sebagai pemimpin di negeri yang memiliki penduduk beragam dari berbagai seni budaya, adat istiadat, suku bangsa dan agama serta aliran kepercayaan. 

PM. Susbandono atau Pak Sus, pakar human capital yang juga seorang penulis terkenal, penting disimak analisisnya tentang syarat dan kriteria seorang bakal calon presiden. Dengan mencermati ulasan Pak Sus ini, barangkali bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di masa depan. 


Apakah anda sependapat dengan analisis Pak Sus?


Comments

Total Pageviews

Trending Topic

125 Orang Tewas: Ricuh Pasca Laga Arema FC VS Persebaya

Testimoni Istri Pendiri Partai Demokrat Sebelum Kubu Moeldoko Konpres di Hambalang

Pernikahan Kaesang & Erina | Apa Dampaknya Untuk Indonesia?

KPK Panggil Anies Baswedan

Capres 2024 Sudah "Nyata" Ada atau Masih Misteri?

Progress of Jakarta MRT project

Nasib Jakarta Pasca Anies Baswedan Ditentukan PLT atau Gubernur Baru Hasil Pilkada 2024?

Special massage services at a barbershop in Jakarta

Discover Reog Ponorogo an attractive dance in Indonesia

Habib Kribo Bersuara Lantang Soal Pilpres & Capres 2024

Real Information