Followers

Diantara Ganjar Mahfud, Prabowo Gibran & Amin, Siapa Menangkan Hati Diaspora Indonesia di Luar Negeri?

 Diaspora Indonesia merupakan potensi besar sebagai calon pemilih pada pemilu 2024. Berdasarkan data KBRI di seluruh dunia, jumlah WNI yang tinggal di luar negeri diperkirakan mencapai 12 juta orang. Jumlah ini setara dengan 7,5% dari total penduduk Indonesia.

Potensi diaspora Indonesia sebagai calon pemilih dapat dilihat dari beberapa faktor, antara lain: Jumlah yang besar, Persebaran yang luas. Yang perlu diingat pula, bahwa para diaspora Indonesia memiliki pengetahuan dan pemahaman yang tinggi tentang Indonesia dan dunia internasional.

Mereka pun sangat kuat dalam aksesibilitas yang tinggi terhadap informasi dan teknologi.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2022, sebanyak 80% diaspora Indonesia menyatakan akan berpartisipasi dalam pemilu 2024. Dari jumlah tersebut, sebanyak 60% menyatakan akan memilih calon presiden yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan kepentingan Indonesia.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi pilihan presiden diaspora Indonesia:

Visi dan misi calon presiden. Diaspora Indonesia cenderung memilih calon presiden yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan kepentingan Indonesia, baik dalam hal pembangunan ekonomi, sosial, maupun politik.

Kemampuan calon presiden. Diaspora Indonesia juga mempertimbangkan kemampuan calon presiden dalam memimpin Indonesia, baik dalam hal pengalaman, kompetensi, maupun integritas.

Pengaruh tokoh politik. Tokoh politik yang memiliki pengaruh besar di diaspora Indonesia juga dapat mempengaruhi pilihan mereka.

Berdasarkan survei LIPI, berikut adalah beberapa calon presiden yang menjadi favorit diaspora Indonesia:

Ganjar Pranowo

Prabowo Subianto

Anies Baswedan

Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto merupakan tokoh yang memiliki popularitas tinggi di diaspora Indonesia. Ganjar Pranowo dikenal sebagai sosok yang merakyat dan memiliki kinerja yang baik sebagai Gubernur Jawa Tengah. Prabowo Subianto dikenal sebagai sosok yang tegas dan berpengalaman dalam bidang militer dan politik.

Anies Baswedan juga merupakan tokoh yang populer di diaspora Indonesia. Anies Baswedan dikenal sebagai sosok yang visioner dan memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi.

Namun, perlu diingat bahwa survei LIPI tersebut hanya dilakukan pada 1.000 responden diaspora Indonesia. Hasil survei tersebut dapat saja berbeda dengan hasil pemilu 2024.

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pilihan presiden diaspora Indonesia pada pemilu 2024:

Peristiwa politik yang terjadi di Indonesia. Peristiwa politik yang terjadi di Indonesia, seperti krisis ekonomi atau konflik politik, dapat mempengaruhi pilihan presiden diaspora Indonesia.

Kampanye calon presiden. Kampanye calon presiden yang efektif dapat meningkatkan elektabilitas calon presiden di diaspora Indonesia.

Hoaks dan disinformasi. Hoaks dan disinformasi yang beredar di media sosial dapat mempengaruhi pilihan presiden diaspora Indonesia.

Oleh karena itu, calon presiden yang ingin mendapatkan dukungan dari diaspora Indonesia perlu memperhatikan faktor-faktor tersebut.

Selain memperebutkan hati para diaspora Indonesia, semua calon presiden yang akan berkampanye juga harus punya perhatian penuh untuk memenangkan hati warga DKI Jakarta. Ini adalah masalah prestise. 




Comments

Total Pageviews

Trending Topic

125 Orang Tewas: Ricuh Pasca Laga Arema FC VS Persebaya

Testimoni Istri Pendiri Partai Demokrat Sebelum Kubu Moeldoko Konpres di Hambalang

Pernikahan Kaesang & Erina | Apa Dampaknya Untuk Indonesia?

KPK Panggil Anies Baswedan

Capres 2024 Sudah "Nyata" Ada atau Masih Misteri?

Progress of Jakarta MRT project

Nasib Jakarta Pasca Anies Baswedan Ditentukan PLT atau Gubernur Baru Hasil Pilkada 2024?

Special massage services at a barbershop in Jakarta

Discover Reog Ponorogo an attractive dance in Indonesia

Habib Kribo Bersuara Lantang Soal Pilpres & Capres 2024

Real Information